Sabtu, 22 Oktober 2016

Inspirasi dan Impian Bidang Keilmuan

📚NICE HOMEWORK #1📚
ADAB MENUNTUT ILMU

Bertebaranlah di muka bumi.
Kepakan sayap-sayap indah.
Lihat, baca, rasa, resapi, renungi.
Kebaikan, keikhlasan kepada Sang Khalik tuk dipersembah.

Terasa cukup membuat hati ini bertanya-tanya, merenung, memikirkan kira-kira apakah gerangan sang ilmu yang harus diselami dan dijadikan prioritas untuk jangka pendek, demi kelangsungan jangka panjang. Sebuah keilmuan yang mungkin saya bisa arungi di dalamnya dengan tidak terlalu 'muluk' atau 'sulit' karena  saya sudah coba memperdalamnya terlebih dahulu. 
.
Saya rasa bidang keilmuan itu juga seyogyanya berhubngan dengan kemajuan kematangan berkomunikasi di dalam lingkungan terdekat, yakni di dalam rumah, yang selanjutnya semoga juga dapat berguna dan terasa kebaikannya di luar rumah.
.
Bidang keilmuan yang ingin saya tekuni sekarang yaitu keilmuan yang berhubungan dengan penggunaan bahasa Asing (baca: bahasa Inggris) untuk diterapkan bersama-sama di rumah dengan anak-anak saya yang berusia TK dan SD (sebentar lagi SMP).
.
Jika dilihat, mungkin cukup terlambat menanamkan dan mencoba membiasakan berbahasa asing. Namun, alangkah lebih baik jika dicoba dan ditarget dan dievaluasi keberhasilannya, karena tidak ada kesalahan jika berlandaskan menuntut ilmu kebaikan, menurut saya. 
.
Sekali mendayung, satu dua pulau terlampaui.
Seperti itulah alasan mengapa saya mencoba mendalami keilmuan ini. Yang pertama saya bisa membagikan sedikit ilmu yang saya punyai untuk anak-anak tercinta. Yang selanjutnya, saya mencoba memanfaatkan kebersamaan dengan orang-orang tercinta sehingga kehadiran saya dan mereka menjadi lebih berkualitas. Alasan yang terakhir adalah saya sangat berharap dapat menerapkan nilai-nilai kebaikan dan kesopanan juga dengan salah-satunya menggunakan bahasa Inggris. 
.
Untuk melancarkan keinginan saya tersebut mungkin saya harus mencari dan merencanakan beberapa cara, sehingga dapat berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan, dan dengan efektif juga efisien. Beberapa strategi yang akan menjadi pekerjaan rumah saya adalah:
1. Mengumpulkan referensi tentang anak dan cara mendidiknya, tentang bahasa penerapannya dalam bahasa Asing, dan tentang beberapa metoda pengajaran yang efektif dan efisien.
2. Mengikuti beberapa group media sosial yang bisa mendukung dan melancarkan rencana yang dibuat. Seperti diantaranya: group yang berbasis bahasa Inggris, group yang beranggotakan ibu rumah tangga yang sedang mendidik anaknya berbahasa asing.
3. Merencanakan lesson plan yang tidak memberatkan namun tertarget. Dalam hal ini jumlah kosa kata menjadi salah satu target pembelajaran.
4. Mengevaluasi keberhasilan penerapan ilmu dan perbaikan sikap pada seluruh anggota keluarga.
.
Keberhasilan yang saya bisa peroleh, saya harapkan bisa mengintegrasikan beberapa kebutuhan berpengetahuan, dan kebutuhan beradab. Pada satu sisi, saya sebagai ibu, menjadi lebih sabar, lebih profesional dalam mendidik dan membimbing anak-anak saya, karena secara tidak langsung saya mencoba mendekatkan diri kepada mereka. Pada sisi lainnya, anak-anak juga dapat berusaha menerima dan belajar bersama ibu, sembari juga membiasakan berucap kata-kata positif menggunakan bahasa Asing.
.
Semoga jurusan ilmu yang akan saya jalankan menjadi jalan kebaikan dan keberkahan untuk saya sekeluarga, dan untuk lingkungan sekitar saya pada umumnya.
.
.
.

#NHW1_CUCU_BANDUNG
#IIP_BANDUNG
#INSTITUT_IBU_PROFESIONAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar