Senin, 21 November 2016

Learning How to Learn

_NICE HOMEWORK #5_
_MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL  BATCH #2_

📝 *BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR*📝 (Learning  How to Learn)

Mengintip, 
Mereka-reka,
Menambah dan mengurangi,
Menyusun cara meraih keistimewaan.
.
.
Cara belajar seperti apa yang baik dilakukan untuk langkah pembelajaran seorang ibu seperti saya. Tak ayalah, ibu juga manusia, yang harus selalu belajar, tak masalah itu lama, tak masalah itu 'slow'. Yang penting tepat untuk pribadi sang Ibu. Walaupun demikian, Ibu harus tetap berusaha belajar lebih giat dan lebih efektif.
.
Apakah saya Audio? 
Apakah saya Visual?
Apakah saya psikomotorik?
.
Saya memiliki kekurangan dalam visual saya. Sewaktu menginjak kelas 6 baru terasa masalah tersebut, karena ada masalah dengan penglihatan saya yang minus. Sebelumnya saya tidak memiliki masalah. Akhirnya lambat laun saya mengandalkan pendengaran saya dan mencatat segala sesuatu. Sehingga, cara belajar mendengarkan menjadi salah satu cara yang saya lakukan hingga menginjak dewasa. Saya merasa mudah melakukannya.
.
Dengan mendengarkan, saya catat saya rekam lagi, sehingga saya benar-benar memahaminya. Namun, tak sedikit pula saya, merasa kewalahan untuk jenis pemahaman. Untuk masalah yang agak rumit, saya coba menyantolkan ke masalah yang mirip namun lebih mudah.
.
Jika masalah itu sulit, dan rumit, saya coba membagi-baginya ke bagian yang lebih kecil, dan lebih sederhana, sehingga saya mampu menyelesaikannya.
.
Untuk masalah yang harus diselesaikan dalam waktu yang cukup singkat, saya mencoba melakukannya di sela-sela kesibukan, sehingga, sebuah pe er dapat terselesaikan. Namun memang tidak semua bisa dikerjakan 'sembari' mengerjakan pekerjaan lain.
.
Gaya belajar saya juga biasanya dengan 'engage'. Suatu ketika saya ingin mengukur satu benda, tiga dimensi, namun agak kesulitan. Sehingga, saya coba membuat maket dari ruang tersebut yang pada akhirnya, lebih mudah memahami suatu rumus.
.
Saya yakin untuk hal pengerjaan dan pendekatan seperti itu, ada kekurangannya sekaligus kelebihannya.
.
Sehingga, untuk desain pembelajaran yang akan saya terapkan untuk saya dan untuk keluarga kecil saya, termasuk yang berhubungan dengan audio, visual, dan psikomotor.
.
Semua jenis pendekatan cara belajar akan saya coba terapkan, dengan menggunakan prinsip 'kesederhanaan', dan 'kemudahan'. Sehingga, tidak memberatkan, namun tetap mengakomodir cara belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar