Sabtu, 17 Desember 2016

Nice Homework #9
Bunda Sebagai Agen Perubahan (The Change Maker)
.
Berubah
Merencana mengatur
Mengurang menambah
Hidup lebih terukur
.
.
Mulai dari diri sendiri merupakan kunci perubahan. Ingin mengubah menuju kebaikan, keteraturan sehibgga dapat mencapai tujuan dengan cara yang indah dan cerdas. Tentu tak mudah, namun tidaklah dibalik kesulitan tentu ada kemudahan. Katanya berjualan itu sulit, kesulitannya di bagian mana? Itu yang patut dipertanyakan. Apakah barangnya? Apakah iklannua? Apakah audiensnya? Jangan-jangan, selama ini saya merasa kesulitan berjualan, karena tidak tahu atau tidak mau tahu di mana permasalahannya, dan tidak berusaha menyelesaikannya.
.
Passion + Empathy = Social venture
.
Rumus di atas membuat mata ini terbelalak, terbuka lebar, karena tidak cukup berguna kita saat kita ingin mengabdikan diri di lingkungan sekitar kita tanpa ada sesuatu yang kita sukai dan fahami dan berusaha untuk berbagi dengan yang lain.
.
Tugas saya sekarang adalah memulai passion itu mulai dari sendiri, lalu bekerja sama dengan pasangan untuk sama-sama mendidik putri-putri kami, dan selanjutnya mencoba berbagi dengan yang lain, sehingga apa yang kita terapkan juga bisa bermanfaat bagi yang lain. Nsmun, kiranya tidak perlu tergesa-gesa berbagi, sebelum prinsip kehidupan yang kita sendiri jalani cukup matang dan telah dievaluasi.
.
Seperti bahasa Inggris yang ingin saya terapkan di rumah melalui craft. Apakah benar cara tang saya lakukan itu tepat untuk saya? Mulai dengan membuat craft-craft dari kartu kertas dan kain perca, dengan memberikan tulisan-tulisan keterangan benda mungkin menjadi langkah awal. Mulai dari diri sendiri dan dimulai sesegera mungkin.
.
Sementara ini, yang mulai saya lakukan adalah menyapa suami, dan anak-anak dengan kata-kata sederhana, menggunakan bahasa Inggris. Selanjutnya, membuat kartu-kartu kosa kata yang ada di rumah, dibantu dengan membuat kerajinan-kerajinan yang mudah bersama-sama. Harapannya dengan sembari membuat kartu-kartu dan kerajinan tangan itu, kurikulum pendidikan juga dapat sambil diperbaiki dan dievaluasi. Target jangka panjangnya adalah menjadikan kurikulum tersebut sebagai kurikulum pendekatan craft dalam pembelajaran bahasa.
.
Semoga dapat segera terlaksana dan terwujud, sebagai Agen Perubahan, Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar